PANDUAN DAN PEDOMAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2017

PEDOMAN PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2017
Peringatan Hari Pahlawan  10 November adalah agenda nasional yang diperingati setiap tahun baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peringatan Hari Pahlawan juga merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan para  Pahlawan  dan Pejuang.


Dengan semangat pantang menyerah dan tanpa pamrih, mereka rela mengorbankan jiwa dan raga demi membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia , sebagaimana yang terjadi pada Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. 

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah pertempuran terbesar setelah Indonesia merdeka yang menelan korban jiwa yang cukup besar. Sehingga untuk mengenang peristiwa heroik tersebut maka  tanggal  10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan dengan harapan masyarakat dapat memahami makna yang terkandung dalam peristiwa pertempuran 10 Nove mber untuk selanjutnya tergugah mengimplementasikan semangat dan nilai -nilai   luhur Pahlawan dalam kehidupan  sehari -hari. 
  
Apabila setiap komponen bangsa memiliki kesadaran t ersebut,  maka bukan hal yang mustahil bangsa Indonesia akan dapat menghadapi ancaman, hambatan dan gangguan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Semangat dan Nilai-nilai Kepahlawanan sangat relevan untuk terus ditumbuhkembangkan, apalagi saat ini kondisi bangsa Indonesia sangat memprihatinkan. Banyak masyarakat saling menghujat, saling fitnah,  saling melakukan tindakan kekerasan, bahkan melakukan aksi terror yang mengancam keamanan serta tindakan lain yang dapat berakibat pada perpecahan bangsa. 

Untuk itu sangatlah tepat tema Hari Pahlawan tahun 2017 adalah   “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri ” , dengan harapan segenap komponen bangsa Indonesia dapat  lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara  daripada kepentingan pribadi atau golongan .   Terus memelihara persatuan dan kesatuan untuk keutuhan bangsa. 

Berikut ini Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 baik untuk kegiatan di pusat maupun didaerah serta pedoman Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017.

1. Pedoman Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 di Pusat
a.   Kegiatan Utama
1)   Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara.   
2)   Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata tanggal 10 November  2017   pukul 08.00 WIB.
3)   Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November  2017  pukul 08.00 WIB.
b.   Kegiatan Pokok
1)   Upacara Bendera di Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga -Lembaga Pendidikan  pada tanggal  10 November 2017   pukul 08.00 waktu setempat (pada Upacara Bendera tersebut Pembina  Upacara membacakan  Amanat  Menteri S osial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2017) .  
2)   Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah dan lingkungan   pemukiman penduduk pada tanggal  10 November 2017.
3)   Hening Cipta Tanggal 10 November  2017  selama 60 detik dimulai pukul 08.15 (waktu setempat) secara serentak  di seluruh Indonesia. 
4)   Pidato Menteri Sosial menyambut Peringatan  Hari Pahlawan Tahun 2017 tanggal 9 November  2017 pukul 19.00 WIB di TVRI / RRI. 

c .  Kegiatan Penunjang
1)   Jelajah Kapal Kepahlawanan
2)   Wisata Sejarah
3)   Do’a Bersama Untuk Pahlawan Bangsa
4)   Pentas Seni
5)   Jalan Sehat   Kebangsaan
6) Ziarah Wisata
7)   Ramah  Tamah dengan  K eluarga  Pahlawan   Nasional ,  Perintis Kemerdekaan,  tokoh -tokoh  Pejuang dan komponen kebangsaan lainnya
8)   Olimpiade Pahlawan 
9)   Sarasehan Kepahlawanan

PEDOMAN PERINGATAN DAN UPACARA HARI PAHLAWAN TAHUN 2017



2. Pedoman Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 di Daerah
a.   Kegiatan Utama
1)   Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan / Makam Pahlawan Nasional, tanggal 10 November 2017  jam 08.00 waktu setempat.
2)   Upacara Tabur Bunga di Laut, tanggal 10 November 2017 pukul 08.00 waktu setempat (apabila dim ungkinkan).

b.   Kegiatan Pokok
1)   Upacara Bendera di Instansi-Instansi Pemerintah dan  Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga Pendidikan  dimana Pembina Upacara diharapkan diharapkan membacakan Amanat  Menteri Sosial RI dalam rangka Peringatan  hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2017.
2)   Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah, kantor dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November  2017.
3)   Hening Cipta secara serentak  selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat bersamaan dengan berlangsungnya Upacara Bendera, Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dan Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November  2017 .

c .  Kegiatan Penunjang 
1)   Ziarah Wisata di TMP / MPN.
2)   Ramah Tamah Gubernur   /  Bupati   /  Walikota dengan para keluarga Pahlawan  Nasional , Perintis Kemerdekaan dan Pejuang. 
3)   Do’a Bersama Untuk Pahlawan Bangsa  oleh seluruh lapisan masyarakat
4)   Kegiatan lain sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat.

3.   Kegiatan di Luar Negeri 
Untuk Perwakilan RI di Luar Negeri, Acara Peringatan Hari Pahlawan disesuaikan dengan kondisi


TEMA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2017



Pedoman Upacara Hari Pahlawan Tahun 2017
1.   Tema :
Perkokoh Persatuan Membangun Negeri 
2.   Sifat Upacara : 
Khidmat, Tertib dan Sederhana.
3.   Tanggal Upacara : 
Hari Jumat ,  10 November 2017
4.   Waktu Dan Tempat Upacara :
Pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka.
5.  Urutan Upacara Bendera: 
a.   Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin   Oleh Komandan Upacara.
b.   Laporan Komandan Upacara kepada Pembin a Upacara.
c.   Pengibaran  bendera  Merah  Putih,  diiringi  Lagu  Kebangsaan  “Indonesia Raya  ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara. 
d.   Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.
e.   Pembacaan Pancasila.
f.   Pembacaan Pembukaan UUD’45.
g.   Pembacaan pesan -pesan Pahlawan/kata-kata mutiara (ditentukan panitia). 
h.   Amanat Pembina Upacara.
i.   Pembacaan Do’a.
j.   Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.
k.   Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin   oleh Komandan Upacara. 
l.   Upacara selesai. 

Catatan  : Bila Upacara terpaksa tidak dapat dilaksanakan di lapangan terbuka,   pengibaran Bendera Merah Putih diganti dengan Bendera Merah Putih yang sudah dipasang di tiang. Namun pokok-pokok acara lainnya  wajib diikuti dengan penyesuaian seperlunya.

Secara lengkap terkait Pedoman Peringatan Dan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2017 serta yang antara lain berisi: Petunjuk Pelaksanaan Hening Cipta (Mengheningkan Cipta Selama 60 detik) serta Naskah Do’a pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 serta Logo Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 silahkan Unduh Disini.


Kumpulan Naskah Do'a Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017, terdiri dari Do’a saat ziarah ke Makam Pahlawan, Do’a saat upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 bagi pemeluk agama Islam, Do’a saat upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 bagi pemeluk agama Kristen, Do’a saat upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 bagi pemeluk agama Hindu, Do’a saat upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 bagi pemeluk agama Budha,

Kumpulan Naskah Do'a Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 tersebut  dapat dilihat pada Panduan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 dan Pedoman Upacara Hari Pahlawan Tahun 2017 yang dapat diunduh melalui link di atas. 

Demikian informasi Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 dan Pedoman Upacara Hari Pahlawan Tahun 2017. Semoga bermanfaat.






Post a Comment

Previous Post Next Post